Tips Agar Rumah Tangga Tetap Harmonis


Tips agar rumah tangga tetap harmonis. Dalam rumah tangga keharmonisan sangat dibutuhkan agar jalinan cinta dalam rumah tangga anda dapat tetap terjaga dengan baik. Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan kehidaupan rumah tangga yang harmonis dan bahagia selamanya. Untuk itu tentu kita harus melakukan usaha untuk menciptakan suasana rumah tangga penuh dengan keharmonisan.
Berikut tips agar rumah tangga tetap harmonis:

1. Visi dan Cita-cita.
Sejak awal pernikahan pasangan harus meluruskan niat sehingga nantinya mudah berkomunikasi dalam menentukan arah dan langkah hidup bekeluarga. Karena banyak pasangan bercerai di sebabkan tidak sepaham berbeda faham berembuklah agar terjadi titik temu.

2. Saling Percaya.
Masing-masing harus bisa menjaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh pasangannya. Maka Jagalah kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya agar tidak selalu timbul kecurigaan dan pikiran negatif terhadap pasangan. Dan jangan sekali-sekali memancing keceburuan pasangan anda dengan melakukan hal-hal sepele. seperti menyimpan no hp lawan jenis tanpa di ketahui pasangan anda, jangan berlama-lama chating/facebookan,dll tanpa di ketahui pasangan anda karena dapat menimbulkan kecemburuan pasangan anda.

3. Saling Menghargai.
Seperti kata pepatah, hargailah orang lain jika diri kita ingin dihargai, Suami memang cenderung lebih ingin dihargai, tapi baik suami maupun istri ya harus tetap saling mengharagai agar terhindar dari rasa keegoisan. Keretakan rumah tangga sering terjadi karena rasa egois yang sangat tinggi saling memaksakan kehendak sendiri tanpa memperdulikan perasaan pasangan. Jangan jadi Diktator di keluarga anda sendiri.

4. Mudah Memaafkan.
Manusia tidak luput dari kesalahan. Cek-cok di dalam rumah tangga sudah biasa karena pasangan kita melakukan kesalahan, menyakiti perasaan, tegurlah dengan baik-baik beri  penjelasan tindakan itu dapat melukai perasaan, Jika sudah menyadari  maka segera maafkanlah dan jangan melakukan lagi kesalahan yang sama.

5. Keterbukaan.
Usahakan jangan ada sedikit rahasia apa pun antara pasangan, terbuka lebih baik dan bicarakan baik-baik dengan pasangan Anda. Keterbukaan bukan berarti membuka semua lembaran kelam sebelum anda dan pasangan anda bersatu dalam perkawinan. masa lalu yang buruk yang belum di ketahui pasangan anda kubur baik-baik. Karena tidak semua masa remaja kita lalui dengan mulus. Biarlah masa lalu jadi rahasia pasangan masing-masing dan jangan sekali membicarakan masa lalu yang di depan pasangan anda yang dapat menyakiti perasaannya. Banyak pasangan bertengkar gara-gara munculnya orang ketiga yang tidak di ketahui pasangan kita. Bicarakan dengan baik-baik beri penjelasan. 

6. Menerima Kekurangan.
Tidak ada satu manusia yang sempurna di dunia ini. Jadi yakinlah dibalik kekurangan pasangan Anda pasti ada kebaikan dan kelebihan yang telah diberikan oleh Yang Kuasa Jadi anda harus bisa saling menerima kekurangan dan kelebihan pasangan. Jangan membandingkan kekurangan pasangan kita dengan dengan orang lain yang lebih sempurna. karena tidak ada kesempurnaan di dunia ini kecuali TUHAN.


7. Murah Hati.
Jangan mempermasalahkan pasangan Anda yang kurang romantis. Berusahalah selalu berkata dengan lembut dan kasih sayang sehingga semua itu akan menambah rasa cinta dan sayang kepada pasangan Anda.

8. Kejutan/Surprise.
Tidak ada salahnya jika sewaktu-waktu atau pada momen tertentu (ulang tahun pasangan) kita menciptakan kejutan kecil karena terkadang kejutan kecil pun sangat bermakna bagi pasangan.

9. Menepati Janji.
Jika kita sudah berjanji dengan pasangan maka usahakan tepatilah janji itu walaupun untuk hal-hal kecil atau sepele.

10. Bulan Madu Kedua.
Sesekali ajaklah pasangan pergi berdua saja tanpa anak-anak, sehingga pasangan bisa menikmati saat-saat indah berdua, sambil mengenang masa-masa pacaran dulu, agar suasana menjadi romantis seperti pada saat masa itu. Tidak perlu mahal tapi yang penting nilai kebersamaannya. Gunakanlah momen itu sebaik-baiknya untuk bicara dari hati ke hati dengan penuh cinta dan kasih sayang.
Ciptakanlah rumah tangga yang harmonis dan bahagia dan semoga menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warohmah….amin.
Share

0 komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner