Indahnya Pantai G-Land TNAP

Plengkung, Dasyatnya Raja Ombak Dunia

G-land aka Plengkung Waves  (dok.g-land bobby's Surf Camp)
G-land aka Plengkung Waves (dok.g-land bobby’s Surf Camp)
Hawaii sering disebut-sebut sebagai surganya para perselancar dunia. Namun, siapa sangka Indonesia pun ternyata memiliki surga selancar yang tersembunyi diujung selatan Banyuwangi. Orang lokal menyebutnya Pantai Plengkung, tak banyak masyarakat Tanah Air yang mengetahui tempat ini. Tapi bagi perselancar dunia, pantai yang berada di Taman Nasional Alas Purwo ini begitu populer dan mereka menyebutnya G-Land.
Bagi para perselancar dunia, ombak Plengkung mendapatkan predikat Ombak Terpanjang (terkonsisten) nomor 1 di Dunia. Bisa mencapai panjang 2 kilometer dalam formasi 7 gelombang bersusun. Sementara, untuk Terbesar dan Tertinggi, menempati urutan Kedua setelah Hawaii dengan tinggi mampu mencapai 5-6 meter. Jika anda parqa pecinta selancar ingin merasakan sensasi Maha Dasyat Dari Ombak di ujung Selatan Banyuwangi ini, anda bisa datang dalam musim ombak besar dibulan Juni-Juli.
Penasaran, kami pun memutuskan untuk mengintip Pantai Plengkung alias G-Land ini. Kami berangkat dari Pulau Merah, dan memakan waktu sekitar 3 jam berkendaran.
Menelusuri Hutan Alas Purwo menuju Pantai Plengkung
Menelusuri Hutan Alas Purwo menuju Pantai Plengkung
Namun, saat mencapai pantai Pancur, kami masih harus mengganti kendaraan offroad. Maklum pantai Plengkung berada ditengah hutan Alas Purwo, dan medannya cukup menantang untuk menembus hutan tersebut. Kebanyakan perselancar yang datang kesini mengambil rute terdekat dari bali. Menggunakan kapal dari bali selama dua jam, langsung berlabuh di depan pantai plengkung.
Karena medannya yang menantang, dari pantai Pancur hingga Plengkung kami harus Berganti mobil offroad.
Karena medannya yang menantang, dari pantai Pancur hingga Plengkung kami harus Berganti mobil offroad.
Siapa sangka di daerah yang terbilang terpelosok ini, kami justru menemui tiga hotel mewah bergaya cottages disini. Salah-satunya, Hotel G-Land Bobby’s Surf Camp yang menjadi hotel pertama di pantai ini.  Dan disini, memiliki fasilitas yang super lengkap dan kamar-kamar yang nyaman. Tapi disini, tarifnya dolar loh.
Hotel Pertama yang ada di Plengkung. Ada sejak tahun 80an.
Hotel Pertama yang ada di Plengkung. Ada sejak tahun 1976.
banyuwangi 276
Saat berkunjung, kami menemui tamu yang seluruhnya merupakan perselancar dari luar negeri. Kami pun, berkesempatan berbincang dengan para perselancar ini. Kami menemui Gualgirmi, 24, perselancar asal Brazil. Ia memang baru pertama menjajal papan seluncurnya di laut Plengkung. Namun, perselancar yang juga berprofesi sebagai Enginering di Brazil ini begitu jatuh cinta dengan G-Land. Selain karena ombaknya yang mengagumkan, lokasinya yang terletak ditengah Hutan menjadi daya tarik tersendiri.
“Ombaknya mengaggumkan, saya pernah ke Mentawai, Bali, tapi inilah yang Terbaik. Lokasi ditengah hutan, tidak ramai. Jelas, lokasi ini sangat recomended,” ungkap Gualgirmi.
Tempat ini memang membuat para peselancar dunia ketagihan. Kami menemui Kimbo, 57, perselancar asal Australia yang mengaku telah 30 kali mengunjungi G-Land dan ia tak pernah bosan. Ya, sejak terekspos dunia di tahun 70an, banyak perselancar profesional dunia telah mencicipi kedasyatan gulungan ombak Plengkung ini hingga saat ini. Seperti perselancar profesional asal Amerika Serikat Kelly Slater dan Gerry Lopez, Peter McCabe (Australia), dan lainnya.
Keelokan Hutan Mangrove Bedul
Hutan Mangrove Bedul
Hutan Mangrove Bedul
Tak hanya G-Land, Hutan Alas Purwo pun memiliki hutan Mangrove Terbesar Di Pulau Jawa yang terletak di Desa Sumber Asri Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi. Lokasi ini berjarak 50 kilometer dari Kota Banyuwangi atau sekitar dua jam berkendara.
banyuwangi 170
Anda bisa menelusuri teluk memanjang Segoro Anak dengan menggunakan kapal dan menikmati keelokan hutan magrove ini. Di hutan mangrove alami seluas 1200 hektar ini, anda bisa menemui 26 jenis dari 16 family Mangrove. Terdapat pula, aneka fauna didalamnya yang bisa anda temui. Jika Anda menelusuri kearah Barat menuju Cungur, aneka jenis burung migran siap menyapa anda.
banyuwangi 258
banyuwangi 195
menelusuri Segoro Anak
menelusuri Segoro Anak
Nah, bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu namun ingin melihat nuansa pantai Selatan. Anda hanya cukup, menyebrang  dengan kapal selama 15 menit dari Dermaga Bedul, keseberang sisinya. Anda hanya perlu merogoh kocek R7000 perorang saja.
asik neduh dibawah magrove
Asik neduh dibawah mangrove

Anda akan langsung disambut dengan segerombolan monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis).  Pengunjung bisa bebas melihat dan beinteraksi dengan monyet-monyet yang memang dibiarkan bebas dialamnya ini.
banyuwangi 235

banyuwangi 240

banyuwangi 251

banyuwangi 239

berjalan menuju Pantai Selatan
berjalan menuju Pantai Selatan
Anda bisa pula memberi makan, tapi harus berhati-hati agar tak dikejar-kejar. Setelah puas bermain dengan monyet, anda bvisa meneruskan perjalanan hanya 15 menit, menuju Pantai Selatan melewati rimbunnya hutan tropis. Share

keindahan Red Island

Kegagahan bukit Pulau Merah menjadi latar penampilan para perselancar dunia pagi itu. Puluhan surfer dari 20 negara terlihat asik berlaga diatas gulungan ombak di Pantai Pulau Merah yang terletak di Desa Sumberagung Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur itu. “Red Island Banyuwangi International Surfing Competition” digelar 24-26 Mei 2013lalu. Bagi anda yang bosan berselancar atau bersantai di Pantai Kuta,  pantai Pulau Merah bisa menjadi pilihan yang tepat.
banyuwangi 053

banyuwangi 076
Selama ini, Pantai Plengkung atau yang populer disebut G-Land memang dikenal sebagai lokasi Terfavorit di Banyuwangi bagi pecinta surfing dunia. Namun, Pulau Merah yang selama ini tersembunyi juga memiliki daya tarik yang tak kalah dengan G-Land.
banyuwangi 057

banyuwangi 058

banyuwangi 059
Banyuwangi, memang menyimpan potensi alam dan wisata yang mengaggumkan. Salah-satunya, Pulau Merah. Ya, Mutiara yang terpendam, banyak perselancar menyebut Pantai Pulau Merah bagaikan Pantai Kuta di era 80an. Masih virgin, jauh dari keramaian, dengan pasir pantai nan halus, dan tentu saja ombak yang menyenangkan untuk para surfer. Sayangnya, belum banyak yang mengetahuinya tempat cantik ini.
banyuwangi 051
“Aku penasaran dengan Pulau Merah dan berangkat dari Bali. Ternyata ombak disini bagus, dan pemandangan Pulau Merah ini begitu indah, sangat menyenangkan, masyarakatnya pun ramah,“ ungkap Regan Green, 21, perselancar asal New Zealand yang mengaku begitu terpesona dengan Pulau Merah.
banyuwangi 167
Tak hanya menikmati keindahan pantai Pulau Merah dan keseruan para perselancar yang berlaga diatas ombak. Kami tak ketinggalan menikmati atraksi kesenian khas Banyuwangi yang disajikan disini. Salah-satunya, penampilan anak-anak yang memainkan tarian Jaranan Buto Cilik.
banyuwangi 064

banyuwangi 115

Buto Cilik
Buto Cilik
banyuwangi 139

banyuwangi 119

banyuwangi 117

banyuwangi 155

banyuwangi 163
Pantai Pulau Merah berjarak 60 kilometer dari Kota Banyuwangi. Akses jalan sangat baik. Tersedia puluhan homestay yang bisa anda sewa dengan harga hanya Rp100 ribu hingga Rp150 ribu permalam.
Share
 

Design By:
SkinCorner