PENIPUAN: Hati-hati sindikat berkedok jual tiket murah

Hati-hati bro sis dengan penawaran harga tiket yang sangat murah yang di lakukan melalui SMS dari orang yang tidak di kenal karena di pastikan itu penipuan. jangan tergiur dengan harga yang murah. Sebaiknya lakukan pemesanan ke tempat kantor/konter yang menetap, atau kalau tidak bisa datang, pesan melalui orang yang sudah kenal dekat tau alamat rumahnya untuk menghindari penipuan. Ini dia beritanya :

JAKARTA: Bank Indonesia meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai upaya penipuan transfer dana yang disinyalir dilakukan oleh sindikat dengan kedok penjualan tiket pesawat terbang murah.
“Sindikat ini juga memiliki situs dan diduga masih berupaya mencari korban sehingga masyarakat perlu berhati-hati agar tidak tergiur dengan tawaran-tawaran yang tidak realistis,” ujar Sondang Martha Samosir, Ketua Tim Mediasi Perbankan Bank Indonesia (BI)  dalam laporan mediasi sengketa perbankan triwulan IV/2011, Jumat 6 Desember 2012.
Dia menjelaskan penipuan ini diketahui setelah masyarakat melaporkan kepada bank sentral. Awalnya, sindikat tersebut menyebarkan info melalui SMS kepada masyarakat yang isinya penawaran layanan pemesanan tiket pesawat dengan harga murah.
“Bila ada masyarakat yang merespon dengan menghubungi nomor yang tertera maka pelaku akan menanyakan tujuan dan tanggal keberangkatan, nama dan umur [seperti layaknya pemesanan tiket],” jelasnya..
Kemudian mereka akan menginformasikan kepada calon korban kode booking pesawat. “Kalau korban melakukan recheck kode booking tersebut ke maskapai penerbangan yang menerbitkan, memang benar kode booking tersebut terpesan sesuai dengan nama mereka.”
Selanjutnya, pelaku meminta calon korbannya untuk melakukan pembayaran via transfer ke nomor rekening yang mereka tunjuk. Setelah uang ditransfer,  sindikat tadi akan membatalkan pesanan tiket yang sudah dipesan.
“Hasilnya, sampai waktu keberangkatan, masyarakat tidak akan pernah dapat tiket yang mereka pesan. Sewaktu masyarakat melakukan konfirmasi, pelaku sudah sulit untuk dihubungi.”
BI menyampaikan penipuan transfer dana juga marak dilakukan lewat media pesan singkat atau short message service (SMS) dengan berbagai modus. Selama periode Oktober—Desember 2011 masuk 1.473 laporan penipuan yang terkait dengan 1.084 nomor rekening bank.
Sebagian besar dari nomor rekening tersebut telah di blokir, yakni mencapai 1.075 buah. Selain itu dana nasabah yang berhasil dari diselamatkan dari upaya penipuan tersebut mencapai Rp3,15 miliar. (ea)

Dan banyak lagi modus penipuan seperti bunyi sms  ini " Uangnya di tranfer aja ke rekening ini......"  dan ada juga seperti ini " mama tolong saya mama..saya ada UGD kecelakaan.." kalau ada respon sindikat yang mengaku dari kepolisian akan mengatakan anak anda sekarang lagi kecelakaan dan minta di kirimi uang buat biaya rumah sakit..." pesan SMS yang keliatanya simple dan seperti sampah tapi ada juga orang yang kecolongan tertipu dengan bunyi pesan seperti itu.
Karena Penipu juga mengunakan prinsip faktor kali dalam operasinya dalam satu hari penipu mengirimkan SMS 1.000 kali ke 1.000 nomer hp yang berbeda dalam 1.000 SMS itu ada 1 samapai 5 orang yang lagi apes/sial nasibnya dan terjebak mau mentranfer uangnya kisaran Rp 1.5 juta kalikan dalam 1 bulan. Pantas aja di berita dana penipuan yang sempat di selamatkan pihak Bank mencapai Milyaran Rupiah.
Share

0 komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner